MAKNA NATAL

Posted: 24 December 2010 in NATAL

Malam Natal adalah malam yang penuh dengan sukacita bagi kita semua. Betapa bahagianya bila kita menerima sebuah hadiah dari orang lain. Demikian juga malam Natal ini, 2000 tahun yang silam Allah memberikan hadiah bagi kita seluruh umat manusia yang ada di bumi ini berupa lahirnya Yesus Kristus di dunia ini melalui bunda Maria.

Kebahagiaan malam natal memiliki arti dan makna yang cukup mendalam untuk kita resapi, renungkan, untuk bangkit dan melakukan action.

Pada saat saya bertugas di Pulau Batam beberapa tahun yang lalu, mobil yang saya kendarai mogok ditengah jalan. Lalu saya menelepon abang saya untuk membantu. Lalu abang saya mengatakan bahwa baterai mobil saya habis, lalu ia mengambil kabel dari bagasi mobilnya dan menyambungkan kabel dari baterai mobilnya ke mobil saya. Setelah beberapa saat dicas (dipancing), akhirnya mobil saya dapat hidup dan dapat berjalan kembali.

Masalah rupanya tidak hanya sampai disitu saja. Selang beberapa hari kemudian mobil abang saya tersebut bermasalah. Power window mobilnya ngadat/macet. Kalau cerita orang-orang yang paham masalah mobil macetnya power window itu karena pengaruh baterai mobilnya sering dipakai untuk ngecas mobil orang lain.

Dari ilustrasi diatas dapat disimpulkan bahwa berbuat baik atau memberi pertolongan pada orang lain memerlukan pengorbanan. Dalam melakukan perbuatan baik ada sesuatu yang harus hilang dari kita dan kita harus rela mengorbankan itu.

Demikian juga malam ini, Allah telah memberikan hadiah yang indah bagi kita seorang bayi kecil nan mungil yang lahir di sebuah palungan kandang domba di Betlehem dengan konsekuensi Allah rela mengorbankan Anak Nya yang tunggal itu untuk menebus dosa kita manusia agar kita tidak binasa melainkan beroleh hidup yang kekal (baca Yohanes 3 : 16).

Makna Natal kali ini mengajak kita untuk merendahkan diri dan mau berbagi kepada sesama seperti halnya Allah telah merendahkan Anak Nya untuk menebus dosa kita dan merelakan Anak Nya yang tunggal itu untuk menebus dosa kita.
Selamat Natal.

Comments are closed.