Gejala Asma

Posted: 21 October 2010 in KESEHATAN

Asma adaah sebagai suatu penyakit dari sistem pernafasan yang meliputi peradangan jalan nafas dan gejala-gejala bronkospasme yang bersifat revesibel (crackett,antonym,1997).

Asma bronchial adalah suatu penyakit yang di sebabkan oleh peningkatan respon dari saluran nafas terhadap bermacam-macam rangsangan yang di tandai dengan penyempitan daluran nafas disertai keluarnya lendir yang berlebihan dari kelenjar-kelenjar di dinding saluran nafas,sehingga menimbulkan gejala batuk,mengi dan sesak. Penyempitan saluran nafas dapat sembuh dan kembali seperti semula secara spontan dengan tanpa obat.

Berdasarkan penyebabnya,asma bronchial di klasifikasikan menjadi 3 yaitu:
1.Ekstrinsik (alergi)
Ditandai dengan reaksi alergi yang di sebabkan oleh faktor pencetus yang spesifik,seperti debu, serbuk bunga, bulu binatang , obat- obatan (antibiotic dan aspirin )dan spora jamur.

2. Intrinsik ( non alergi )
Ditandai dengan adanya reaksi non alergi yang bereaksi terhadap pencetus yang tidak spesifik /tidak di ketahui.seperti udara dingin / bias juga di ebabkan oleh adanya inspeksi saluran pernafasan dan emosi.serangan asma ini menjadi lebih berat dan sering sejalan dengan berlalunya waktu dan dapat berkembang menjadi bronchitis kronik.

3.Asma gabungan
Bentuk asma yang paling umum.Asma ini mempunyai karakteristik dari bentuk alergik dan non alergik.

Comments are closed.