MAU KEMANA NKRI?

Posted: 11 October 2010 in SOSIAL
Tags: , , , , , , , , , ,

Meja merupakan salah satu furnitur berbentuk permukaan datar yang ditopang oleh empat kaki atau lebih, dimana kegunaannya dapat dipakai untuk tempat makan, tempat pertemuan, untuk rapat atau sejenisnya, dan banyak lagi kegunaan yang lainnya.

Ibarat sebuah meja yang ditopang oleh empat kaki tersebut, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) juga harus ditopang oleh empat pondasi dasar yang kuat seperti ekonomi, ideologi politik, sosial budaya dan hankam (pertahanan keamanan)

Tetapi sejalan dengan bertambahnya zaman, banyak perubahan terjadi disana sini termasuk keempat penopang NKRI ini. Sayang, bukan perubahan menjadi lebih baik, tetapi yang terjadi malah sebaliknya. Secara ekonomi bangsa ini belum mampu memberikan kesejahteraan bagi masyarakatnya. Masih terlihat disetiap sudut kota rakyat miskin yang hidup melarat dan takkala sejauh mata memandang, gepeng (gembel dan pengemis) masih banyak bertebaran karena sulitnya kehidupan ekonomi yang berimplikasi terhadap hilangnya budaya rasa kebersamaan dan rasa sosial untuk menolong sesama yang sudah ada sejak zaman nenek moyang kita dulu. Stabilitas politik pun sedang dicabik-cabik dimana segala sesuatunya dipolitisir yang berakibat memperkeruh suasana perpolitikan kita . Teroris yang masih berkeliaran dimana-mana yang bertujuan mengganti ideologi negara kita merupakan ancaman yang akan menggerogoti rasa persatuan dan kebangsaan yang selama ini telah terbina secara aman dan damai. Dari ketiga kaki pondasi NKRI yang ada sudah digerogoti ibarat rayap menggerogoti ketiga kaki meja tersebut. Lalu apa yang akan terjadi setelah ketiga kaki meja tersebut patah atau tidak berfungsi lagi? Masih ada satu kaki yang harus kita benahi untuk mempertahankan meja tersebut yaitu kaki hankam dimana dengan pertahanan dan keamanan yang tangguh maka ancaman dari luar tidak mampu menghancurkan meja tersebut.

Oleh karena itu mari kita bersatu secara bersama-sama memperbaiki tatanan hidup kebangsaan secara ekonomi, ideologi politik, sosial budaya dan hankam demi terwujudnya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang aman, damai, berdaulat dan sejahtera sebagaimana yang diidam-idamkan UUD 1945.
Mari kita baca karya Rendra dibawah ini, maknai dan kita sikapi dengan melakukan action untuk jayanya negeri ini.

Megatruh
(Karya Rendra)

O, akal sehat jaman ini!
Bagaimana mesti kusebut kau?
Kalau lelaki kenapa seperti kue lapis?
Kalau perempuan kenapa tidak keibuan?
Dan kalau banci kenapa tidak punya keuletan?

http://www.sepuluhribuuntung.co.cc/

Comments are closed.