MANUSIA KELEDAI

Posted: 28 September 2010 in MOTIVASI
Tags: , , ,

Suatu ketika seorang ayah beserta anaknya menuntun seekor keledai ke pasar. Ditengah jalan orang-orang lain melihat lelaki dan anaknya dan menyengir “Lihatlah kedua lelaki dungu itu. Mengapa mereka tidak menunggangi keledai itu?”
Laki-laki itu mendengar omongan mereka itu, dan meminta anaknya naik keatas punggung keledai. Seorang perempuan tua melihat mereka, “Bah sudah terbalik dunia! Sungguh anak tak tahu diri! Ia tenang-tenang diatas keledai sedangkan ayahnya yang tua dibiarkan berjalan.”
Kali ini anak itu turun dari punggung keledai dan meminta ayahnya yang naik. Seorang pria melihat dan memandang sang ayah, ”Orang tua tidak tahu diri, masak anak kecil dibiarkan berjalan, sedangkan dia enak-enak di atas punggung keledai…”

Mendengar perkataan laki-laki itu sang ayah memutuskan untuk turun dan mereka memutuskan untuk berjalan saja. Beberapa saat kemudian mereka berpapasan dengan seorang gadis muda. “Mengapa kalian berdua tidak menaiki keledai itu bersama-sama?”
Mereka menuruti nasihat gadis muda itu. Tidak lama kemudian sekelompok anak muda lewat. “Binatang malang…kadang-kadang orang memang bisa sangat kejam. Keledai sekecil ini dinaiki oleh dua orang laki-laki.”
Bapak dan anaknya muak lalu mereka memutuskan untuk memanggul keledai itu . Melihat kejadian itu, orang-orang tertawa terpingkal-pingkal, “Lihat…manusia keledai memanggul keledai” sorak mereka.
Dari cerita diatas dapat kita tarik benang merah untuk sisi kehidupan kita? Terkadang jika kita selalu berusaha menyenangkan semua orang, bisa jadi kita tidak akan dapat menyenangkan siapapun. Jika kita tidak memiliki sikap, prinsip, dan konsep hidup yang kita yakini, maka kita tidak akan kemana-mana.

Comments are closed.