PENYAKIT PARU

Posted: 20 July 2010 in KESEHATAN

Penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) merupakan penyakit obstruksi jalan nafas karena bronkitis kronik atau emfisema. Obstruksi tersebut umumnya bersifat progresif bisa disertai hiperaktivitas bronkus dan sebagian bersifat reversibel.
Bronkitis kronik ditandai dengan batuk-batuk hampir setiap hari disertai pengeluaran dahak sekurang-kurangnya 3 bulan berturut-turut dalam setahun, dan paling sedikit selama 2 tahun. Gejala ini perlu dibedakan dengan tuberkolosis baru, tumor paru, dan asma bronkial. Emfisema merupakan suatu perubahan anatomis paru-paru yang ditandai dengan melebarnya secara abnormal saluran udara sebelah bronkus terminal disertai kerusakan dinding alveolus.

Faktor-faktor yang menyebabkan timbulnya PPOK :
1. Kebiasaan merokok
2. Polusi udara
3. Paparan debu, asap dan gas-gas kimiawi akibat kerja
4. Riwayat infeksi saluran pernapasan
5. Bersifat genetik

Pada bronkitis kronik maupun emfisema terjadi penyempitan saluran pernapasan. Penyempitan ini dapat menyebabkan obstruke jalan nafas dan menimbulkan sesak nafas. Pada bronkitis kronik, saluran pernapasan kecil yang berdiameter kurang dari 2 mm menjadi lebih sempit, berkelok-kelok dan berobliterasi. Penyempitan ini terjadi karena metaplosia sel goblet saluran nafas besar juga menyempit karena hipertrofi dan hiperplasi kelenjar mukos. Pada emfisema paru penyempitan saluran nafas disebabkan oleh berkurangnya elastisitas paru-paru.

Comments are closed.