Bagaimana Supaya Anak Anda Cerdas?

Posted: 11 July 2010 in PENGETAHUAN

Peran Orang Tua Dalam Mendidik Anak


Liburan telah berlalu, tahun ajaran baru akan dimulai pada senin 12 Juli 2010 nanti. Putra-Putri kita akan melakukan aktivitasnya kembali untuk menuntut ilmu dengan kembali ke bangku sekolah, baik itu sekolah negeri, swasta, yangada didesa maupun dikota.

Dengan kembalinya anak-anak kita ke bangku sekolah, bukan berarti kita selaku orang tua lepas tangan dengan memberikan tanggung jawab sepenuhnya kepada guru-guru yang ada di lembaga formal ini untuk mendidik anak-anak kita.

Dalam hal kecerdasan si anak, selain guru, orang tua juga memiliki peran yang sangat krusial dalam membenahi kecerdasan emosi (EQ/Emotional Quotient) dan kecerdasan spiritual (SQ/Spiritual Quotient) walaupun sang anak memiliki kepintaran (IQ/Intelectual Quotient).

Salah satu peran penting orang tua adalah bagaimana membuat atau memotivasi supaya putra-putri kita mau belajar, mau mengerjakan pekerjaan rumahnya (PR), dan bagaimana membuat sang anak sadar bahwa sekolah dan belajar adalah sebuah investasi jangka panjang untuk kepentingan mereka sendiri dimasa yang akan datang dan bukan bertujuan untuk menyenangkan orangtuanya.

Orang tua harus bisa menawarkan “niat untuk belajar” kepada putra-putri mereka dengan jalan buat jadwal/agenda belajar si anak sepulang dari sekolah. Berikan perhatian khusus pada buku agenda sang anak apakah ia memiliki tugas atau pekerjaan rumah dan apakah sudah dikerjakan atau belum?

Jika belum, orang tua harus mendampingi sang anak untuk mengerjakan PR tersebut. Demikian juga pada saat anak hendak mengikuti ulangan/ujian, temani putra-putri anda untuk belajar dan berikan quiz seputar pelajarannya.

Orang tua juga harus memperhatikan perkembangan study sang anak dari hari ke hari, minggu ke minggu dan dievaluasi setiap semester.

Dengan demikian dapat kita tarik kesimpulan bahwa peran utama orang tua adalah mendidik anak supaya pandai secara emosi dan spiritual.

Comments are closed.