Dukung Satpol PP Dipersenjatai Dengan Etika

Posted: 10 July 2010 in SOSIAL

Dukung Satpol PP Dipersenjatai Dengan Etika

Masih segar di ingatan kita bagaimana beringasnya Satpol PP baru-baru ini di Koja Jakarta Utara. Itulah fenomena Etika yang sering kita lihat didaerah-daerah. Dengan arogansinya Satpol PP berlaku sewenang-wenang kepada wong cilik. Sering kita Lihat bagaimana dengan arogansinya, petugas Satpol PP membereskan pedagang kaki lima, Merobohkan paksa lapak-lapak milik pedagang kaki lima (PKL). Mengambil paksa sisa-sisa lapak milik pedagang, menangkapi, menendang dan memukul PKL sehingga para pedagang selalu takut dan was-was bertemu dengan satpol PP.

Padahal menurut esensinya Satuan Polisi Pamong Praja merupakan perangkat pemerintah daerah dalam memelihara dan menyelenggarakan ketenteraman dan ketertiban umum serta menegakkan Peraturan Daerah, Peraturan Gubernur, Keputusan Gubernur dan produk hukum daerah lainnya, dimana ketenteraman dan ketertiban umum merupakan suatu keadaan dinamis yang memungkinkan Pemerintah, Pemerintah Daerah dan masyarakat dapat melakukan kegiatannya dengan tenteram, tertib dan teratur untuk menciptakan masyarakat yang sejahtera adil dan makmur sebagaimana yang diamanatkan dalam UUD 1945.

Sebaliknya fenomena yang terjadi adalah pelanggaran hak asasi manusia terhadap rakyat kecil (anak, perempuan, waria, pedagang, pengamen, warga kampung, buruh, dan lain-lain) yang dilakukan petugas Satpol PP yang tanpa mereka sadari mereka telah mempertontonkan kemerosotan moral dan etika mereka saat bertugas dilapangan.

Dengan kejadian Koja dan kejadian-kejadian lainnya didaerah, masyarakat berharap agar pemerintah mereformasi dan mentransformasi satuan ini. Memang telah dilakukan dengan mengeluarkan Permendagri No.26 Tahun 2010, tetapi Bukan perubahan seperti yang diidam-idamkan masyarakat, yang terjadi malah sebaliknya yang mana pada akhirnya  akan membuat masyarakat kecil sengsara. Benar kata orang bijak :”bagi setiap masalah ada solusi, tetapi setiap solusi mengandung masalah”.

Oleh karena itu menemukan solusi berarti juga mengantisipasi masalah baru dan lain di depan. Untuk jangka pendek kiranya jajaran Satpol PP harus mereformasi etika petugas-petugas di lapangan. Bukan pendekatan dengan memperlengkapi mereka dengan senjata, tetapi petugas Satpol PP dilapangan harus memiliki etika dan dedikasi yang tinggi dengan pendekatan-pendekatan sosiologi yang lebih intelek.  Kalau memang masyarakat didaerah tidak mau menuruti peraturan daerah tersebut masih ada aparat hukum yang menegakkan hukum.

WWW.IWANSITINDAON.BLOGSPOT.COM


Comments are closed.