Dimanakah Kita Saat Ini?

Posted: 17 June 2010 in Tak Berkategori

Pada suatu desa hiduplah dua orang tetangga yang diberikan wewenang untuk menyediakan air bagi seluruh warga di desa itu. Mereka berdua hampir memiliki karakteristik yang sama dan salah satunya adalah memiliki cita-cita yang tinggi. Suatu hari mereka berdua membawa ember yang besar untuk mengangkut air dari hulu sungai ke desa mereka. Mereka mengangkat air mulai dari pagi smapai dengan sore dan mendapatkan upah dari kepala desa. Jumlah upah sesuai jumlah ember yang mereka bawa bolak-balik. Mereka bersemangat dan ingin menjadi orang terkaya di desa dan menghiraukan lecet-lecet pada tangan dan kaki.

Salah seorang dari mereka sebut saja namanya Bona bersemangat dan siap untuk bekerja keesokan harinya. Sedangkan yang satu lagi Boni, merasa perlu merencanakan hal yang lain sehingga ia mengatakan akan membuat pipa saluran dari hulu sungai ke desa. Boni menawarkan bona untuk menanamkan uangnya untuk membangun saluran air di desa lain, namun bona menolak dan terus mengangkut air dengan embernya.

Boni tertawa dan meyakinkan bona untuk keuntungan pada akhir pekan dapat membeli hal-hal baru. Bona terus bersemangat mengangkat ember yang lebih besar dan mulai mendapatkan keuntungan dari usahanya itu. Sedangkan boni menghilang dan terus mewujudkan saluran itu hari demi hari. Ia ditertawakan dan disebut boni si manusia pipa, sedangkan bona mulai besenang-senang di bar dengan keuntungan yang diperolehnya.

Sampai suatu hari saluran pipa selesai. Boni mulai menjual airnya dengan harga lebih murah, warga desa dapat dilayani selama 24 jam sedangkan bona yang menggunakan ember hanya dari pagi hingga sore. Menghadapi saingannya, bona merekrut orang untuk mengangkat ember-ember agar bisa mengangkut air lebih banyak, tetapi ongkos yang harus dibayarkan semakin banyak. Sedangkan boni dengan saluran pipanya  menikmati slauan air yang telah dibangunnya. Boni menerima uang terus menerus dengan tenaga yang sedikit bahkan pada saat ia sedang tidur. Pertanyaan bagi yang sedang membaca cerita ini, dimanakah kita saat ini, pembawa ember atau pembangun saluran atau kombinasi?

http://www.komisiGRATIS.com/?id=MUTIARAS

Comments are closed.