JANGAN TAKUT DENGAN KEGAGALAN

Posted: 9 June 2010 in Tak Berkategori

Gagal merupakan antonim dari sukses. Tetapi dalam pemahaman paradigma baru, kata gagal bukan lawan kata sukses. Gagal adalah bagian dari kesuksesan. Sukses adalah kumpulan dan proses kegagalan-kegagalan kalian. Kegagalan ialah sukses yang tetunda. Selama kita bangun satu kali lebih banyak dari jatuhnya, maka kita akan sukses. Lawan kata sukses adalah No Action (malas/tidak bertindak). Orang yang sukses adalah orang yang berani bertindak, belajar dari kesalahan dan mencoba lagi. Yang paling menyedihkan adalah bukan orang-orang yang mengalami kegagalan, tetapi orang-orang yang tidak pernah mau mencoba betindak. Orang yang tidak pernah mau mencoba adalah orang-orang yang tidak akan menemukan masalah. Padahal masalah adalah ciri-ciri kehidupan manusia dn pijakan kalian untuk menjadi lebih dewasa. Masalah adalah ujuan atau cobaan kalian untuk menghadapi kehidupan. Akhir sebuah masalah adalah adanya atau munculnya masalah baru. Dinamika kehidupan menjadi menaik justru karena adanya masalah dan perbedaan. Itulah realita Kehidupan.

Thomas Alfa Edison tidak akan mengulang cara yang sama untuk mendapatkan hasil berbeda. Edison akan mencari jalan yang berbeda, agar hasilnya berbeda. Edison belajar dari kesalahan atau kegagalannya. Dosa besar jika kita tidak belajar dari kesalahan. Kita akan mendapatkan ”cape”nya saja, jika kita berhenti belajar dari kesalahan. Kalian mungkin tidak perlu menjadi sepintar orang lain, akan tetapi sikap mereka yang harus ditiru. Sikap dan keputusan yang membuat perbedaan bagi dirinya, bahkan bagi dunia.

Paradigma Albert Einstein dan Thomas Alfa Edison adalah salah satu paradigma yang mengajarkan manusia tentang bagaimana menjalankan proses kehidupan. Paradigma positif yang akan membuat setiap manusia pantang menyerah. Paradigma positif yang membuat orang selalu memiliki peluang dan harapan. Paradigma positif yang kemudian disikapi dengan tepat dan terarah, kemudian menghasilkan keputusan yang benar, baik, tepat dan terarah. Proses berpikir yang menghasilkan perubahan pada dirinya dan dunia.

Comments are closed.